Jadikan ibu rumahtangga bantu ekonomi suami lewat kuliner

Kali ini LKP Tata Boga Cindelaras kedatangan tamu dari portal berita Lensa Indonesia, dan berikut berita selengkapnya LENSAINDONESIA.COM: Berawal dari obsesi memopulerkan masakan khas Nusantara dan berkontribusi pemberdayaan perempuan, Ayu Hartati Datmiko, tahun 2006 mendirikan Lembaga Kursus Pelatih...

Read more →

Kali ini LKP Tata Boga Cindelaras kedatangan tamu dari portal berita Lensa Indonesia, dan berikut berita selengkapnya

LENSAINDONESIA.COM: Berawal dari obsesi memopulerkan masakan khas Nusantara dan berkontribusi pemberdayaan perempuan, Ayu Hartati Datmiko, tahun 2006 mendirikan Lembaga Kursus Pelatihan Catering (LKP) yang diberi nama “Cindelaras”.

Impian Ayu, panggilan akrabnya, kemudian bagaimana bisa bersumbangsih melatih para perempuan yang punya keinginan dan semangat bisa mandiri menjadi wiraswata.

Ayu mengakui, lewat program KLP Catering-nya, akhirnya banyak kaum perempuan bisa membantu ekonomi suami. Kehidupan ekonomi keluarga mereka juga semakin sejahtera.

“Cita-cita saya ingin membantu kaum perempuan bisa mandiri, dan bisa membantu perekonomian sang suami,” kata
Ayu ditemui LICOM di lokasi KLP Cateringnya, Jakarta, beberap waktu lalu.

Wanita kelahiran Bogor 1951 ini, membuat pelatihan catering berbeda dengan pelatihan serupa lainnya. Semua peserta kursus dilatihnya sendiri. Dia juga selalu membagikan resep-resep masakan favorite tanpa menutupi rahasia. Ini dilakukannya agar peserta setelah lulus bisa jadi juru masak berkualitas dan profesional.

“Saya latih sendiri, supaya mereka bisa mengembangkan usahanya,” aku Ayu, tersenyum.

Alhasil, lembaganya sekarang banyak memberikan sertifikat para alumni kursus. Bahkan, tidak sedikit pula yang terorbitkan sukses jadi pengusaha kuliner. Mereka ada yang dari kalangan perempuan pekerja, ibu rumah tangga, dan termasuk yang masih bujangan.

Peserta juga bukan hanya datang dari Jabodetabek. Ada yang datang dari Kalimantan, Sulawesi, dan Sumatera.

Wanita yang dikenal ramah dan bersahaja ini, mengaku bahagia bisa membantu sesama kaum perempuan. ”Setelah ikut KLP catering, saya yakin ibu-ibu rumah tangga tak akan lagi ribut akibat ekonomi keluarga,” bebernya.

MENGAJARKAN ENTERPRENEUR
KLP catering bukan hanya mengajarkan cara memasak. Tapi, memberikan arahan bagaimana menjadi enterpreneur yang sukses. Termasuk, cara membuat masakan yang dibutuhkan pasar, dan cara memasarkan makanan sesuai target pasar.

“Bersyukur, rata-rata mengaku sukses mengembangkan pelanggan, dan pelanggan senang dan puas,” kata Ayu bercerita yang dialami mantan siswa kursusnya.

Apa KLP Catering tidak takut tersaingi? “Saya malah bangga kalau ada yang melakukan hal yang baik demi membantu
perempuan menjadi mandiri dalam wiraswata kuliner. Kalau sudah tua mau apalagi kalau kita nggak berbuat kebaikan,” pesannya.

Ayu berharap KLP catering Indonesia bisa bersaing dengan makanan dari luar, karena aneka makanan Nusantara
ebih enak dan lezat tanpa zat pengawet.

“Semoga pemerintah mendukung pengembangan masakan Nusantara, supaya kuliner Indonesia dikenal di dunia,” harapnya. @agus_irawan

 

Sumber : 

 

Wahana Visi Ind

facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblrmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>